TIPS MEMIPILIH DAN MENYEMAI OC ANTHURIUM

TIPS MEMIPILIH DAN MENYEMAI OC ANTHURIUM
oleh Bu Nia, Karanganyar

Ini juga harus mendapatkan perhatian selain meributkan harga OC, bagaimana kita memilih OC yang hendak kita beli dan perlakuan sebelum semai, untuk mendapatkan OC hal2 ini yang harus diperhatikan:
1. Usahakan mendapatkan biji yang segar, dan kalu bisa memleteti (duh..bahasa indonesia memleteti apa ya….?) sendiri biji tersebut dari pohonnya, ini mesti nego sama yg punya tanaman
2. Jika kita membeli biji kering / sudah dipleteti sama petaninya, kita mesti tau kapan biji tersebut di panen, max 2 mg setelah panen.
3. Biji yang baik, secara fisik mempunyai ciri: biji keliatan utuh, bulat dan terkesan padat, jika direndam dalam air biji akan tenggelam
4. Biji yang sudah tua ato matang meskipun kering secara fisik akan tetap mempunyai bentuk fisik seperti di nomor 3, jika biji dipanen masih muda, maka biji kering secara fisik biasanya kempes, meskipun biji yang kempes bukan berarti tidak mau tumbuh, namun prosentase untuk tumbuh kecil, waktu tumbuh lama, kalaupun tumbuh kualitas seedling ga begitu bagus.

Selanjutnya adalah penyemaian:
1. Untuk memperkecil resiko biji tidak tumbuh, maka sebelum disemai terhadap masing2 jenis biji (biji kering atau segar)sebaiknya direndam dalam larutan zat perangsang tumbuh
* Untuk biji segar : direndam dalam larutan Vit B1 (Kebun-ku memakai Novelgrow) selama 30 menit
* Untuk biji kering : direndam dalam larutan Vit B1 minimal 2 jam
* Untuk biji yang lebih kering : memerlukan perlakuan khusus, kecuali direndam dalam larutan zat perangsang tumbuh, setelah itu ditiriskan dan diangin2 kan kemudian di tambah hormon penumbuh lain yg berbentuk kering, dalam hal ini kami memakai Nutrifarm selama 1-2 jam (dengan disertai doa…semoga tumbuh)
2. Kemudian lakukan penyemaian, yaitu persiapkan pakis halus, taruh di nampan plastik, kemudian disemprot vit B1, taruh biji yang telah selasai direndam dgn zat perangsang tumbuh diatas pakis basah tadi, kmd nampan ditutup pake plastik bening / transparan, rapet dan kenceng, kmd bungkus lagi dgn plastik gelap, simpan di tempat yg lembab, funsi pemberian platik transparan, supaya kita bisa memantau pertumbuhan cambah

Secara normal, penyemaian dengan memakai biji segar akan tumbuh sekitar 80-90%, jadi kalo anda telah membeli OC anthurium dgn kualitas bagus tapi ditanam hanya tumbuh 1-5%, nah yg perlu ditanyakan, yg salah bijinya apa yang nanam?

Salam dari Kebun-ku
Nia-Karanganyar Solo

2 Responses to “TIPS MEMIPILIH DAN MENYEMAI OC ANTHURIUM”

  1. Deny Purwanto Says:

    Dear Ibu Nia,

    Tips yang sangat bermanfaat, terima kasih sebelumnya. Kalau boleh tahu, setelah disimpan di tempat gelap, berapa lama lagi tutup plastik dibuka dan benih boleh mulai disirami. setelah berapa sebaiknya bibit dipindahkan ke pot-pot tunggal?

    Salam,

    Deny Purwanto

  2. TAMA YASA Says:

    Bu nia, saya pak tama. saya kerja di LN. Tgl 13 Nov, saya dapat rezeki nomplok di Mexico, Di kebun taman banyak sekali di tanam Gelcin secara sembarangan. Daunnya sangat gagah, tapi banyak yg terbakar ( mexico sangat panas) Waktu ngelihat sy sangt kagum. apalagi waktu nglihat banyak Buahnya. WOOOOWWW lngsung saya petik, gak ada yg peduliin, Ketika di cuci dapet 750 biji. Pertanyaanya, Saya pulang 8 desember. (jadi bijinya saya keep 4 Mnggu) masih bisa tumbuh gak ya ??? Udah saya keringkan , tak bungkus pake handuk. Tolong commentnya ya. Makasih sebelumnya. Please email to : tamayasa70 @yahoo.co.id.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: