Pengalaman menyemai Oce Gelcin

Pengalaman menyemai Oce Gelcin
oleh Bpk. Lutfi Atmansyah

Assalamu alaikum Wr.Wb.
Thanks banget bu Nia atas informasinya. Karena apa yang ibu sampaikan penting sekali buat saya dan mungkin rekan2 milis yang lain untuk diperhatikan pada saat memilih (juga membeli) oce anthurium. Saya mau cerita nih….
Pertengahan Desember kemarin saya beli 500 oce gelcin seharga 3 rb/biji langsung dari pedagang (ngakunya breeder) dari anggota milis ini juga (sorry nggak enak nyebut nama, nanti heboh lagi, tapi dia ini juga sering ngiklan di Kebonkembang.com dan langitlangit.com). Bilangnya sih, oce seger dijamin baru petik, maklum saya masih awam dgn oce ho..oh aja. Dan di hari yang sama saya juga beli oce dari pedagang Karang Anyar 1000 oce seharga Rp.1.750/bj.
Setelah sampai di Makassar, saya semai biji dengan perlakuan perendaman dgn ZPT dengan media pakis. Setelah menunggu lebih sebulan (semai 18-12-2007) ternyata yang dr rekan milis dari 500 cuman numbuh 8 (kurang 2%). sedangkan yg dr k.anyar lebih 95%. Apanya yang salah? padahal perlakuan sama… Awalnya waktu merendam yg 500 biji udah curiga, kok pada ngambang ya dan kelihatan tidak bernas (dipencet agak tipis tapi tdk hampa).
Makanya memang kita harus hati2 beli oce, kecuali kalau beli langsung dr petaninya dgn informasi lengkap kapan petiknya, bagusnya mungkin kalo masih dengan tongkolnya dengan sistem tebas.
Ok sekali lagi thanks bu Nia infonya, dan mungkin saya akan hubungi anda untuk order seedling (kapok beli oce)…
rgds
Lutfi Atmansyah
Owner’s Venuzflora Nursery Makassar
0811443061

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: